TERKINI

Partai Politik Pemilu 2014 Dikuasai Orang Super Kaya

Pemilu dan orang Kaya

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat telah mengesahkan Undang-Undang Partai Politik tanggal 6 Desember 2007. Dalam UU Parpol itu ternyata DPR hanya melarang partai politik meminta atau menerima dana dari BUMN/BUMD. Namun, tidak ada aturan yang menyebutkan parpol tak boleh menerima dana dari departemen atau instansi pemerintah bahkan swasta.

Padahal, sudah terungkap adanya aliran dana dari departemen-departemen ke parpol, termasuk kepada politisi. Kedua kasus tersebut adalah aliran dana Departemen Kelautan dan Perikanan serta aliran Dana Abadi Umat Departemen Agama.

Publik juga dikejutkan dengan bergabungnya Rusdi Kirana, Presiden Direktur PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal ini dinilai sebagai kejutan besar, karena sebelumnya Rusdi pernah menolak ketika diminta untuk ikut sebagai calon presiden dalam Konvensi Partai Demokrat beberapa waktu yang lalu.
 
Untuk pria yang satu ini, namanya sempat ramai menjadi pembicaraan publik lantaran tiba-tiba masuk ke ranah politik dengan bergabung bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Padahal awalnya Rusdi merupakan Presiden Direktur dari perusahaan maskapai PT Lion Mentari Airlines (Lion Air). Tak tanggung-tanggung, Rusdi langsung didapuk oleh partai besutan Gus Dur itu sebagai wakil ketua umum.

Wasekjen PKB Abdul Malik Haramain mengatakan, pengangkatan Rusdi sudah disepakati dalam rapat pleno PKB . Dia menjelaskan, bahwa Rusdi punya keahlian untuk membenahi manajemen PKB .

"Meski baru di dunia politik, Rusdi punya pengalaman dan keahlian dalam manajemen. Kita minta Pak Rusdi untuk membenahi manajemen partai," ujar Malik dalam pesan singkat, Senin (13/1).

Anggota Komisi II DPR ini meyakini, masuknya pebisnis muda seperti Rusdi juga akan berdampak pada perolehan suara PKB di Pemilu 2014. Khususnya suara pemilih menengah ke atas yang punya kedekatan bisnis dengan Rusdi.

"Kita berharap masuknya Rusdi akan banyak menarik suara dari kelas menengah terutama dari kalangan pebisnis," tegas dia.

Selain itu menurut pengamat politik dari Charta Politika, Arya Fernandez, keuntungan PKB mengambil Rusdi salah satunya adalah untuk pendanaan kampanye di pemilu mendatang. RK dinilai telah mempunyai strategi yang bagus untuk memimpin partai karena telah lama memimpin perusahaan maskapai besar.
 
Pengusaha yang selama ini menjadi aktor di belakang layar, sekarang masuk ke gelanggang politik. Mereka sadar, politik ini berbiaya tinggi, sehingga punya daya tawar yang tinggi di partai. Lihat saja, pengusaha yang masuk politik dengan begitu mudah mendapat posisi strategis di partai, Rusdi Kirana jadi waketum PKB, HT jadi cawapres Wiranto
 
Bambang Hary Iswanto Tanoesoedibjo atau lebih dikenal dengan sebutan Hary Tanoe (HT) adalah politisi dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Hary Tanoe merupakan bos MNC group.

Karir politiknya mulai terdengar sejak awal bulan Oktober 2011. Hary mulai terdengar resmi bergabung dengan Partai NasDem pada tahun 2011. Pada saat itu dia sempat menduduki posisi sebagai Ketua Dewan Pakar dan juga Wakil Ketua Majelis Nasional.

Namun sekitar awal Januari 2013, Hary mengundurkan diri dari Partai NasDem karena adanya perbedaan pendapat dan pandangan mengenai struktur kepengurusan partai. Langkahnya pun tak cukup sampai disitu, dia langsung memutuskan untuk berpindah haluan ke Partai Hanura pada bulan Februari 2013. Hary Tanoe diusung jadi cawapres dengan Wiranto.

Untuk diketahui, pada tahun 2011 Majalah Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia, dan Hary menduduki peringkat ke-22 dengan total nilai kekayaan sebesar US$ 1,19 miliar.
 
Selanjutnya orang super kaya berikutnya adalah perempuan yang bernama lengkap Siti Hartati Tjakra Murdaya yang merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia nomor 13 versi majalah Forbes edisi tahun 2008. Sebelum terjun ke dunia politik, Hartati Murdaya sudah dikenal sebagai pengusaha yang kaya raya.

Karir Hartati semakin menanjak saat dirinya menjadi anggota MPR RI. Karirnya pun semakin moncer ketika dia masuk sebagai anggota Dewan Pembina Partai Demokrat. Namun nahas saat dirinya tersandung kasus suap di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah pada bulan Juni 2012. Hartati pun secara otomatis langsung mengundurkan diri dari kepengurusan Partai Demokrat.

Kini Hartati menjalani hukuman di Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pondok Bambu, Jakarta Timur. Dia akan menikmati di ruang pesakitan itu selama kurang lebih 2 tahun masa kurungan penjara.

Orang super kaya lainnya adalah Hashim Djojohadikusumo yang merupakan salah satu pria terkaya di Asia dengan kekayaan mencapai 850 juta dolar, atau bila dikurs kan bisa mencapai sebesar Rp 8.5 Triliun. Pria ini merupakan pengusaha kaya raya yang juga merupakan saudara kandung dari Prabowo Subianto.

Hashim mengawali karir bisnisnya menjadi direktur di Indo Consult dan mendirikan perusahaan bernama PT Tirta Mas. Dia benar-benar menjadi seorang konglomerat ketika menanamkan sahamnya di Bank Niaga dan Bank Kredit Asia. Kesuksesannya semakin terasa saat berhasil menguasai konsesi lahan hutan sebesar 97 hektar yang tersebar di Aceh Tengah, yang kemudian mendorongnya untuk terus memperluas jaringan bisnisnya hingga memiliki 3 juta hektar perkebunan, konsesi hutan, tambang batubara, dan ladang migas di Aceh hingga ke Papua.

Namanya mulai ramai dibicarakan publik setelah Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menunjuk langsung Hashim sebagai Kepala Pengawas Kebun Binatang Ragunan, Jakarta. Menurut Ahok, latar belakang Hashim yang juga mencintai binatang dapat membawa perbaikan dalam pengelolaan kebun binatang.

Kini Hashim mulai berkiprah di ranah politik dengan bergabung dengan partai politik besutan kakak kandungnya, Partai Gerindra. Dia pun langsung diberikan jabatan sebagai wakil ketua dewan pembina. (dari berbagai sumber)

Copyright © 2014 KomitePolitikAlternatif Designed by Templateism.com IT CREATIVE MFiles

Theme images by konradlew. Powered by Blogger.